Pendahuluan
Beberapa langkah dalam prosen pembuatan
suatu program atau software :
1.
Mendefinisikan masalah dan menganalisanya
Langkah awal
yang harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah antara lain tujuan dari
pembuatan program, parameter-parameter yang digunakan, fasilitas apa saja yang
akan disediakan oleh program. Kemudian menentukan metode atau algoritma apa
yang akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir
menentukan bahasa program yang digunakan
untuk pembuatan program.
2.
Merealisasikan dengan langkah-langkah
berikut :
Secara umum, struktur suatu program
terdiri dari beberapa bagian yaitu :
1.
Input
Bagian ini
merupakan proses untuk memasukkan data ke komputer melalui device yang ada
misalnya keyboard, mouse, scanner dll. Program melakukan proses membaca data
yang akan diolah dari device tersebut.
2.
Output
Bagian ini
merupakan proses untuk menampilkan data yang telah diolah, melaporkan hasil
pegolahan data melalui device seperti monitor, printer dll. Program melakukan
proses mencetak data ke device tersebut.
3.
Proses Pengolahan Data
Bagian ini
merupakan proses mengolah data yang diinputkan dengan nenerapkan metode-metode,
teknik-teknik, algoritma-algoritma yang ada. Proses ini menghasilkan data
output yang akan dioutputkan kepada pengguna program.
4.
Penyimpanan Data
Bagian ini
merupakan proses menyimpan data dalam memori atau device penyimpanan data
seperti disket, harddisk, CD dll.
Berikut ini adalah blok diagram struktur
dari suatu program secara umum.
Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah
logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah atau
problem.
Contoh : Buat algoritma untuk menentukan
apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap.
Algoritmanya :
1.
Bagi bilangan dengan bilangan 2
2.
Hitung sisa hasil bagi pada
langkah 1.
3.
Bila sisa hasil bagi sama
dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi
sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.
Flowchart
Flowchart adalah gambaran dalam bentuk
diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah
alur program tersebut.
Berikut adalah beberapa simbol yang
digunakan dalam menggambar suatu flowchart :
Dari contoh algoritma di atas tentang
menentukan apakah suatu bilangan adalah bilangan ganjil atau bilangan genap,
flowchart dari program adalah sebagai berikut :
0 komentar:
Posting Komentar